Quality Management

Nama                                  : Tasha Dryana Hendayany

NPM                                    : 0218123034

Kelas                                   : Reg B1 – C

Dosen Pengampu      : Iis Rostiawati S.E., M.M

S1 Manajemen – Fakultas Bisnis dan Manajemen


  • Quality Management adalah semua kegiatan dari fungsi menejemen keseluruhan yang menentukankebijakan mutu, tujuan, dan tanggung jawab, dan menerapkannya dengan menasseperti perencanaan mutu, kendali mutu, jaminan kualitas, dan peningkatankualitas dalam sistem mutu.
  • Tujuan Program Mutu1.Mempertahankan Mutu

    2.Mengumpulkan Informasi

    3.Memenuhi Persyarata

  • Dokumen-Dokumen Pengendalian Mutu

    1. Spefisikasi Teknis

    Spesifikasi teknis berisiskan uraian yang disusun dengan lengkap dan jelas mengenai suatu proyek yang hendak dikerjakan sehingga bisa mencapai harapan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

    2. Gambar Kerja

    Merupakan gambar acuan yang dpakai untuk mewujudkan ide rancangan ke dalam bentuk fisik. Gambar kerja yang benar-benar akurat dan detail akan sangat membantu mewujudkan sebuah proyek dengan tepat.

    3. Rencana Mutu Kontrak

    Merupakan pedoman jaminan mutu dalam pelaksanaan sebuah proyek.  Dokumen ini digunakan untuk memastikan bahwa hasil akhir proyek sesuai dengan syarat-syarat teknis yang dicantumkan dan telah disepakati di dalam kontrak.  Dokumen ini memang secara khusus dibuat untuk menentukan arah pengendalian proses pelaksanaan proyek sehingga didapat proyek yang berkualitas  sesuai dengan harapan

    • Total Quality ManagementDari ketiga kata yang dimilikinya, definisi TQM adalah:

      “sistem manajemen yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dengan kegiatan yang diupayakan benar sekali (right first time), melalui perbaikan berkesinambungan (continous improvement)dan memotivasi karyawan“ (Kid Sadgrove,1995)

    • Lima Pilar TQMLebih lanjut Bill Creech, 1996, menyatakan bahwa prinsip-prinsip dalam sistem TQM harus dibangun atas dasar 5 pilar sistem yaitu;

      1) Produk

      2) Proses

      3) Organisasi

      4) Pemimpin

      5) Komitmen

    • Unsur-unsur Utama TQM

    a) Fokus pada pelanggan.

    b) Obsesi terhadap kualitas.

    c) Pendekatan ilmiah.

    d) Komitmen jangka panjang.

    e) Kerja sama tim.

    f) Perbaikan sistem secara berkesinambungan.

    g) Pendidikan dan pelatihan.

    h) Kebebasan yang terkendali.

    i)  Kesatuan tujuan.

    j) Adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan.

DAFTAR PUSTAKA

Sumber : https://ipqi.org/definisi-unsur-prinsip-manfaat-program-total-quality-management-tqm/

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_kualitas_total

Sumber : UsmanHusainiManajemenTeoriPraktikdan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Sumber https://rmpconsultancy.com/home/business-process-improvement-and-pdca/

Sumber : http://www.pakguru.id/2019/02/konsep-dasar-dan-prinsip-total-quality.html

Sumber : https://www.wikiapbn.org/sistem-manajemen-mutu/

Sumber : ISO Quality Management Principles 2015

 

Print Friendly, PDF & Email